Resep Cara Membuat Lemper Ayam Spesial

Advertisement
Resep Cara Membuat Lemper Ayam Spesial - Lemper yaitu makanan yang terbuat dari ketan serta umumnya diisi abon atau cincangan daging ayam, serta dibungkus dengan daun pisang. Pasti beberapa orang yang sudah mengetahui makanan ini bahkan juga jadi kerap melihatnya. Pada Umumnya lemper sering di gunakan pada acara pernikahan serta itu telah jadi kebiasaan makanan atau ciri khas lemper ada pada acara itu.

Beberapa orang yang mengonsumsi lemper untuk mengganjal perut saat sebelum mereka mengonsumsi makanan besar seperti nasi dan sebagainya. Mengapa demikian lantaran lemper memakai ketan yang nyaris sama dengan nasi yang dapat mengenyangkan perut kita lantaran kandungan karbohidratnya.

Kesempatan ini Kamibakal memberi Resep Lemper pada para Bunda khususnya aja buat yang ingin mengetahui caranya saja, Untuk andayang mau membuatnya, Anda jugadapat mempraktekannya dirumah. Lemper yaitu satu diantara makanan simpel yang banyak disenangi oleh seluruhnya kelompok dari atas sampai bawah lantaran terasa yang enak.

Segera saja Kami bakal memberi resepnya, simak serta kerjakan langkah - langkahnya dengan benar agar hasil yang bakal kalian bisa dapat optimal serta enak danterasa hasil buatan sendiri.


Bahan Bahan
*200 gram beras ketan, ( sebelumnya direndam selama 1 jam setelah itu tiriskan)
*1 lembar daun salam
*1 batang serai, (sebelumnya telah putihnya dan dimemarkan)
*3/4 sendok teh garam
*daun pisang untuk membungkus
*125 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bahan Isi
*2 buah paha ayam atas bawah
*500 ml air
*1 batang serai, ( yang sebelumnya putihnya telah diambil dan dimemarkan )
*2 lembar daun salam
*3/4 sendok teh garam
*1/4 sendok teh merica bubuk
*100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
*1/2 sendok teh gula pasir

Bahan Yang Di Haluskan
*6 butir bawang merah
*4 siung bawang putih
*1 sendok teh ketumbar
*3 butir kemiri, disangrai

Cara Membuat Lemper Ayam
*Langkah pertama, membuat Isi: rebus ayam dan air hingga matang. Setelah itu angkat ayam, Kemudian suwir-suwir dagingnya dan ukur 250 ml air kaldunya.
*Langkah kedua, campur ayam, bumbu halus, serai, merica bubuk, daun salam, gula pasir. dan garam, kemudian aduk rata. Setelah itu tuang air kaldu, lalu masak hingga mendidih. Kemudian tuang santan, lalu masak sampai terlihat meresap. Setelah itu dinginkan.
*Langkah ketiga, kukus beras ketan kurang lebih selama 20 menit hingga dirasa cukup matang. setelah itu angkat
*Selanjutnya, rebus santan, serai, daun salam dan garam hingga mendidih. Setelah itu matikan api, kemudian tambahkan beras ketan, lalu masak hingga meresap. Kemudian angkat dan kukus kurang lebih sekitar 30 menit hingga matang.
*Terakhir, ambil sedikit ketan. kemudian pipihkan. Lalu beri isi. dan bentuk menjadi lonjong (atau sesuai selera). Setelah itu Bungkus dengan daun pisang dan lemper ayam buatan anda pun siap untuk disajikan.

Lemper legit serta enak yang kalian buat telah dapat kalian nikmati, yang bakal lebih cocok bila kalian mengkonsumsinya ditemani dengan satu gelas minuman hangat seperti susu, kopi, teh, atau minuman hangat yang lain. Bagaimanakah? Gampang bukanlah langkah membuatnya? kamimeyakini kalian dapat membuatnya tanpa ada mesti memperoleh permasalahan yang serius lantaran langkah langkahnya juga tidak terlalu susah untuk di coba. Mungkin saja hanya itu yang dapat kami informasikan mengenai Resep Lemper. Mudah-mudahan kalian yang tengah kebingungan mencari resep bikin lemper dapat terbantu untuk dapat membuatnya dirumah. Baca Juga resep di bawah ini.

Advertisement