Resep Dan Cara Membuat Kepiting Asam Manis

Advertisement
Resep Dan Cara Membuat kepiting asam manis pedas - Rasa enak serta lezat...? Siapa yg tidak tau dengan kuliner kepiting yang mempunyai cita rasa khas. Untuk beberapa pengagum kuliner type sea food tentunya memasukan kepiting dalam satu diantara daftar favorite mereka. Lantaran kepiting dapat di proses dengan bermacam type bahan serta salah nya ialah di proses jadi kepiting asam manis pedas.

Walau olahan lain juga cukup menarik untuk dicicipi tetapi olahan yang satu ini tak kalah lezat. Kombinasi rasa asam, manis serta pedasnya bikin kita senantiasa menginginkan menyantapnya lagi serta lagi. Menu kepiting asam manis pedas ini umum di temui dirumah makan spesifik dengan harga yang cukup lumayan. Oleh karena itu sebaiknya kita coba membuatnya sendiri yang pastinya lebih ekonomis tak perlu keluarkan cost yang cukup mahal tetapi semua keluarga dapat menikmatinya.

Nah, searah dengan kemauan itu sebaiknya kita mebuatnya sendiri dirumah. Sebelumnya bunda bikin kepiting asam manis, langkah awal yang bunda mesti kerjakan yakni bersihkan kepiting dengan memotong capit kepiting serta membelah tubuh kepiting jadi 2 sisi supaya memasaknya jadi lebih gampang. Bila telah usai, saat ini waktunya untuk coba langkah bikin kepiting asam manis pedas yang enak serta gurih.

Resep Kepiting Asam Manis

Bahan Dasar
* 1/2 kg kepiting ukuran sedang yang sudah dibersihkan
* 2 buah jeruk nipis, belah-belah ambil airnya
* Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu
* 6 siung bawang putih, geprek, rajang halus
* 4 siuang bawang merah
* 1 butir bawang bombay, potong kecil-kecil

Bahan Saos:
* 100 ml air bersih
* 3 sendok makan margarin
* 2 sedndok makan saos tiram
* 2 sendok makan saos tomat
* 2 sendok makan kecap inggris
* 2 sendok makan kecap asin
* 2 sendok makan cabai bubuk atau sesuai selera
* 1 sendok teh merica bubuk
* 1 sendok teh garam
* Gula secukupnya

Cara Membuat Kepiting Asam Manis:
* Pertama-tama cuci bersih kepiting yang telah dipotong-potong, kemudian lumuri kepiting dengan air jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit.
* Setelah itu panaskan minyak diatas penggorengan, masukkan kepiting goreng hingga matang atau sampai kepiting berubah warna. Angkat, tiriskan.
* Selanjutnya untuk membuat saos, panaskan minyak dan mentega, lalu masukkan bawang bombay, bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum.
* Kemudian masukkan bahan kecap dan saos, tambahkan air, aduk-aduk hingga saos mengental.
* Terakhir masukkan kepiting kedalam wajan yang berisi saos, aduk-aduk hingga rata dan bumbu menyerap hingga sempurna kedalam kepiting. Angkat.
* Kepiting siap untuk dihidangkan.

Advertisement